Submitted by ddiskandar in laravel (edited )

Ketika team laravel merilis versi terbaru dari framework laravel, misalnya Versi 9 yang rilis 8 Februari tahun 2022 ini. Salah satu yang jadi pembicaraan di grup Group FB Laravel Indonesia, Group Telegram atau tempat lainnya adalah contohnya "Wah sudah ada versi baru lagi, baru juga belajar/install versi 8". Ada indikasi kita cape mengikuti versi yang selalu baru lagi atau mengganggu fokus kita untuk pengembangan fitur di aplikasi yang sedang dibangun.

Bila melansir dari halaman https://laravel.com/docs/9.x/releases, Major framework dirilis setiap tahun (~ Bulan Februari), sementarara rilis minor dan patch kemungkinan dirilis sesering mungkin setiap pekan. rilis Minor dan patch tidak akan pernah mengandung breaking changes.

Kalau menurut saya sendiri yang masih sangat kurang pengalaman menggunakan laravel untuk real project aplikasi, dengan pembaharuan seperti itu berarti memberikan kita jaminan bahwa laravel sangat aktif dikembangkan sehingga pasti akan terus jadi lebih baik lagi.

Kalau menurut akang teteh seperti apa? untuk yang sudah banyak project yang dibangun pakai laravel ini, kondisi di lapangan sebenarnya seperti apa ya?

−1

Comments

You must log in or register to comment.

muhammad_ridwan_fauzi wrote (edited )

Ikut bersuara ya, meski sebenarnya belum pernah menggunakan framework laravel dalam pembuatan website soalnya masih belum bisa sampe sekarang wkwk.

Kalau coba search beberapa framework php lainnya misalnya Symfony, itu rentang updatenya mungkin ga jauh beda sama Laravel. Bisa dicek di sini

  • Versi 4.4 nya rilis November 2019,
  • versi 5.4 November 2021,
  • versi 6.0 November 2021,
  • lalu nanti 6.1 rilis Mei 2022.

Kayanya memang rilis versi Laravel ga tergolong terlalu cepat toh

  • versi 6 : September 3rd, 2019,
  • versi 7 : March 3rd, 2020,
  • versi 8 : September 8th, 2020,
  • versi 9 : February 8th, 2022, dan
  • versi 10 : February 7th, 2023

Tambahan: Kalau saya sendiri sih ketika ada versi terbaru dari sebuah framework gitu ya, saya lebih cenderung tidak akan cepat-cepat migrasi ke versi yang terbaru, apalagi kalau misalnya versi yang saya gunakan memang saat ini sudah dapat memenuhi kebutuhan dari website yang saya buat.

Juga kalau ternyata tiba saatnya saya buat migrasi ke versi yang terbaru, pada saat itu terjadi mungkin sudah ada lebih banyak referensi yang bisa saya jadikan bahan belajar, juga mungkin pada saat itu versi terbaru ini bakal lebih stabil.

1